6 Cara Mempercepat Kinerja Komputer


6 Cara Mempercepat  Kinerja Komputer

Jaman sekarang, banyak aplikasi dan game yang bener-bener keren. Dan karna saking kerenya, sampe ngebisin memory komputer. Biasanya, makin banyak memory yang diambil sama program yang kita download, maka komputernya juga bakal makin lelet, kadang nge-lag lah, atau kadang suka error. Sekarang, ada banyak cara untuk mempercepat komputer kita, contohnya ya baca aja..

Langkah-Langkah


1. Rajin-Rajin menggunakan Disk Cleanup!

Disk Cleanup itu semacam program yang dibuat untuk ngehapus file-file ga penting, kaya 'sampah' di Recycle Bin, dump files, dsb. Cara makenya :

a. Buka dulu Disk Cleanup-nya, tinggal di search aja.. , dan pilih program Disk Cleanup


b. Nanti bakal muncul kotak, disitu silahkan kalian pilih Disk mana yang mau dibersihin, tapi       disaranin sih di Disk C: , kalo udah pilih OK


c. Tunggu sampe program ini meriksa Disk yang kamu pilih, Dan nanti tinggal kamu pilih file mana aja yang mau dihapus. Kalo udah pilih OK lagi. Nanti file yang dipilih bakal dihapus


d. Selesai, tapi kalo kalian sering make komputer disarankan rajin-rajin make Disk cleanup, misalnya sebulan sekali atau terserahlah.

2. Matikan Program Startup yang Ga Berguna

Makin banyak program yang dimulai waktu Startup, maka komputer juga bakal makin banyak jalanin program, artinya komputer juga makin lelet. Jadi matiin aja program yang ga kepake, caranya pake Msconfig.

a. Buka Run (tingga di search aja..), dan tulis Msconfig


b. Masuk ke bagian Startup, dan uncheck program yang menurut kamu ga penting. Dan pilih OK kalo udah.



3. Hapus Temporary (Temp) Files!

Temporary artinya sementara, jadi ga sepenuhnya ini program yang ga berguna. Tapi emang jarang banget File di temporary bakal kepake. Jadi mending dihapus aja..

a. Tulis %temp% di kotak Search (Di Start menu)


b. Hapus semua file yang ada disana (Pake Ctrl+A) dan tekan Shift+Delete (Delete Permanen). Kalo ada peringatan, pilih Skip aja.


4. Matikan Semua Visual Effects di Komputer

Perlu diinget, kalo kalian matiin semua Visual Effect di komputer kamu (Win7) maka tampilanya bakal berubah kaya Windows XP alias masih kotak-kotak. Tapi cara yang satu ini bener-bener bikin komputer tambah ringan alias jadi lebih cepet. Caranya :

a. Buka Startmenu, dan search adjust, lalu pilih yang ditunjuk ama cursor (tulisanya kepanjangan)


b. Kalo muncul kotak konfirmasi, pilih Yes, kalo ga muncul langsung aja ke bagian c.

 

c. Nanti bakal muncul kota Performance Options, dibagian Visual Effects centang atau pilih kotak yang Adjust for best performance, lalu pilih OK.




d. Jangan kaget kalo komputer kalian sedikit nge-freeze sebentar, dan tiba-tiba tampilanya jadi kotak-kotak. Kalo kalian ga biasa sama tampilan itu, mending matiin Visual Effects nya pas main Game atau apalah.
sebelum :


sesudah :


5. Gunakan Disk Defragmenter

Yang ini gampang ngegunainya, tapi lumayan ngabisin waktu. Tapi gapapalah kalo kalian punya banyak waktu :v. Langsung ajalah :

a. Buka dulu di Startmenu, tulis aja disk nanti juga keluar Disk Defragmenter.


b. Terus pilih salah satu disk kalian, apakah butuh Defragment Disk atau engga. Caranya klik aja salah satu Disk dan pilih Analyze (kalo butuh konfirmasi klik Yes aja).


c. Kalo udah liat berapa persen fragmented-nya . Kalo angkanya lebih dari 10% berati di Defragment aja,caranya tinggal pilih Disk yang lebih dari 10% dan klik Defragment Disk, kalo butuh konfirmasi klik Yes aja.


c. Prosesnya bakal makan waktu jadi tunggu aja sampe selesai. Selama proses kalian masih bisa make komputer secara normal.

6. Gunakan Software 'Pembersih' Komputer

Software pembersih komputer yang saya gunakan adalah CCleaner, selain karna ringan, dan tampilanya yang simpel, Software ini juga bener-bener bisa ngehapus program-program ga penting yang keberadaanya masih dipertanyakan ?. Langsung aja :

a. Kalo belum punya Download dulu Disini , kalo udah di download diInstall, pada ngertikan caranya ?
b. Kalo udah, buka program itu dan klik run cleaner untuk langsung ngapus file atau program yang 'boleh' dihapus.


Dah cuman itu aja beberapa cara yang bisa saya share disini. Terima kasih buat yang udah baca, dan kalo misalnya ada pertanyaan atau ada yang salah silahkan komen aja.

You Might Also Like:

Disqus Comments